Waktu Shalat Tarawih Paling Lama di Kota Ini Sampai Menjelang Sahur

Waktu Shalat Tarawih Paling Lama

Kabarseru.com — Waktu shalat tarawih paling lama hingga sampai waktu makan sahur yang berarti hampir semalam suntuk, apa ada yang sanggup? Di Indonesia salat tarawih dengan jumlah raka’at berbeda ada yang 8 dan 20 raka’at tentu saja durasi lama waktunya berbeda pula, di tempat kami sekitar jam 8 lewat sedikit untuk yang 8 raka’at dan yang 20 raka’at sekitar jam 8.20, sementara waktu shalat di mulai sekitar jam 7.20.

Biasanya saat menjalankan ibadah shalat tarawih di percepat oleh imam, agar para makmum semangat tidak merasa bertele-tele. Imam yang lambat akan tidak disukai oleh para jamaah, lantas bagaimana jika harus shalat tarawih yang lamanya hingga waktu makan sahur? Kebayang enggak sih rasa tidak sanggup nya?

Tapi tunggu dulu, shalat tarawih hingga waktu menjelang makan sahur di kota Tarim, Provinsi Hadramaut, Republik Yaman ini bukan berarti kita mulai shalat dari jam 20-an lalu selesainya menjelang makan sahur. Tidak seperti itu ya..?

Mereka melakukan shalat dengan waktu mulai tidak sema, sebagian ada yang selesai shalat isya langsung shalat tarawih, ada yang menunggu jam 9.00 ada yang mulai shalat tarawihnya jam 10.00 dan seterusnya, tentunya menjalankan ibadah shalat tarawih dengan waktu yang berbeda dilakukan di sejumlah masjid.

Waktu Shalat Tarawih Paling Lama di Kota Ini Sampai Menjelang Sahur

Sebagaimana dilansir dari beberapa sumber, diceritakan oleh seorang mahasiswa, alumni Pondok Pesantren Raudhatut Tholibin Amuntai bernama Alfath Ardiansyah dan mantan Ketua Asosiasi Pelajar Kalsel di Universitas Al Ahgaff.

Di kota tersebut terdapat kebiasaan atau adat unik tentang waktu shalat tarawih yang dilakukan semuanya berjumlah 20 raka’at hingga waktu makan sahur.

Fenomena tersebut dapat di istilahkan bergilir waktu. Hal ini bertujuan untuk memudahkan warga setempat termasuk pendatang guna memilih waktu shalat tarawih yang tepat.

Bagi yang tidak sempat shalat tarawih pada jam 8.00 maka bisa menjalankan shalat tarawihnya pada jam berikutnya yakni jam 8.30 malam.

Tentunya di sejumlah masjid menjadwalkan shalat tarawih pada awal-awal waktu yakni jam 8.00 malam. Misal di Masjid As-Sahl dimulai jam 8.30 malam, lalu di Masjid Ubadah dimulai jam 8.45 malam dan Masjid Bir tepat jam 9.00 malam dan begitu seterusnya hingga waktu menjelang makan sahur tiba.

Jadi para jamaah yang tidak sempat melaksanakan shalat tarawih di jam jam tertentu maka ia bisa memilih jam yang sesuai.

Di Masjid Ba’Alawi yang merupakan sebuah Masjid tua bersejarah ini memulai shalat tarawihnya sekitar jam 11.30. Masjid ini di juluki ‘masjidil qoum’ artinya masjid paling tertua di kota tersebut. Masjid Ba’Alwi di mata penduduk setempat merupakan masjid istimewa sehingga memberi julukan nama sebagai masjidil qoum dengan waktu shalat tarawihnya tidak ada satu pun masjid yang membangerinya.

Sementara ada Masjid lain yang juga menjadi Favorit yakni Masjid Al-Muhdhar, masjid ini memiliki menara cukup tinggi yang dibuat dari bahan tanah liat, di masjid ini shalat tarawihnya di mulai jam 12.30 dini hari.

Waktu nya memang lewat tengah malam namun jamaahnya tetap tidak berkurang, dilihat dari barisannya bahkan terdapat anak-anak yang juka turut menunaikan shalat tarawih di waktu tersebut.

Ketika waktu telah memasuki jam 1.15 dini hari maka ini adalah saatnya menjalankan shalat tarawih di Masjid Jami yang akan di imami oleh Habib Ali Masyahur bin Hafidz (saudara kandung Al Habib Umar bin Hafidz).

Nah itulah cerita dari Alfath, meski beliau sudah tidak muda lagi namun semengatnya menjadi imam tetap terjaga.

Sementara di Indonesia sendiri, waktu selesai shalat tarawih jam 10.00 malam sudah terasa larut malam. Oke demikian semoga informasi ini dapat menambah wawasan kita.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*