Upgrade Sendiri Sim Card Lama ke 4G LTE Begini Caranya Untuk TELKOMSEL

Upgrade Sendiri Sim Card Lama ke 4G LTE

Kabarseru.com — Upgrade sim card lama ke 4G LTE ternyata tidak sulit, hanya butuh beberapa langkah kartu lama yang hanya bisa 3G akan menjadi bisa semuanya yakni 2G/3G/4G. Syaratnya mutlak harus beli dulu kartu upgrade 4G. Bisa beli secara online atau datang langsung ke Grapari terdekat. Pertanyaannya mengapa untuk upgrade sim card ke 4G tidak bisa tetap menggunakan sim card lama?

Jawabannya adalah bahwa di dalam sim card terdapat komponen IC yang amat kecil, Nah IC inilah yang berbeda dari sim card lama yang hanya bisa 3G dengan sim card baru yang sudah support 4G, tentu sangat berbeda dengan beberapa tahun lalu dimana setiap sim card yang baru di beli bisa langsung aktif tanpa registrasi apapun, tetapi untuk bisa koneksi internet tidak bisa kecuali harus diaktifkan terlebih dulu secara manual, demikian untuk setting GPRS nya harus manual atau bisa lewat OTA.

Sedangkan sim card versi sekarang semuanya langsung aktif hanya saja harus registrasi dengan KK dan NIK lebih dulu. Di tahun 2007 untuk berinternet di ponsel cuma bisa menggunakan pulsa, belum ada sistem paket seperti saat ini dan tarif internet TELKOMSEL kala itu cukup mahal yakni Rp 12/1kb. Sedangkan INDOSAT Rp1/1kb. Dibeberapa tahun berikutnya Operator mulai mengadakan sistem paket data, dan saya masih ingat betul beli kapet Rp 100,000 dapat 300MB/sebulan,

Oke berikut cara upgrade sendiri sim card ke 4G LTE Telkomsel.

Upgrade Sendiri Sim Card Lama ke 4G LTE Begini Caranya Untuk TELKOMSEL

Siapkan sim card upgrade 4G telkomsel masukkan ke smartphone yang sudah support 4G pada slot 1 dan jangan lupa Registrasi dulu hingga kartu dapat di gunakan untuk terima SMS dan Panggilan.

Sementara sim card lama sisipkan ke slot 2 pada smartphone.

Nah selanjutnya gunakan sim card lama untuk meminta kode PIN dari operator dengan ketik dial ✲888✲46# lalu sentuh Call seperti gambar dibawah ini.

Setelah sentuh Call akan muncul PopUp menu pilihan seperti tampak gambar dibawah ini. Pada tahap ini, pilh No 1. Langkah 1(Kartu Lama)

Isikan angka 1 (satu) lalu sentuh MENGIRIM.

Selanjutnya akan muncul PopUp lagi seperti gambar dibawah ini. Pilih No 1. Lanjut lalu sentuh MENGIRIM.

Akan ada SMS dari Operator berisikan kode PIN (lihat gambar dibawah ini). Nah pin ini yang kita butuhkan untuk di masukkan ke sim card yang baru.

Ada baiknya kode PIN di catat dikertas atau di ponsel lain agar nanti waktu diminta memasukkan PIN kita tidak kesulitan.

Di tahap ini kita beralih ke sim card yang baru yang di slot 1.

Lakukan hal yang sama pada sim card yang baru ini, yakni tekan ✲888✲46# lalu sentuh Call nanti akan muncul PopUp seperti tampak gambar dibawah ini, kali ini kita pilih No 2. Langkah 2(Kartu Upgrade 4G) ketik angka 2 lalu sentuh MENGIRIM.

PopUp muncul lagi seperti gambar dibawah ini. Sentuh kolom isian dan ketikkan kode PIN nya, lalu sentuh MENGIRIM.

Silahkan tunggu selambatnya 15 menit, atau restart smartphone, akan ada SMS dari Operator yang isinya tentang Selamat.

Nah demikianlah cara upgrade sendiri sim card lama ke 4G LTE untuk kartu Telkomsel, semoga buat kamu yang sedang bingung upgrade, dengan panduan ini dapat terbantu.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*