Salah Kalau Mengucap Subhanallah Saat Melihat Sesuatu Yang Mengagumkan

Mengucap Subhanallah

Kabarseru.com – Di kalangan umat muslim ucapan seperti Masyaallah, Subhanallah atau Astagfirullahalazim sangat sering kita mendengarnya, bahkan kita sendiri tidak jarang mengucapkan kalimat tersebut pada saat-saat tertentu. Namun tahukah kamu kalau selama ini kita telah salah ucap atau kebalik.

Berucap Subhanllah ketika melihat sesuatu yang mengagumkan atau ke indahan luar biasa itu sejatinya salah, yang benar adalah Massaallah. Sebaliknya sesuatu yang kita lihat menakutkan, mengerikan tidak menyenangkan ucapakan yang benar adalah Subhanallah.

Sebagaimana di tuturkan oleh YWS seorang penggiat Agama dalam program Peace & Love buka bersama dengan 2000 anak yatim di Kawasan Jakarta 14 Juni 2016 bernama Rita. Massaallah itu berarti pujian untuk Allah karena kebaikannya yang luar biasa bukan untuk sesuatu yang kurang baik.

“Selama ini kita tahunya kalau subhanallah buat yang bagus dan masyaallah untuk sesuatu yang tidak bagus. Itu sebenarnya justru terbalik. Kalimat Subhanallah sebaiknya diucapkan saat kita dalam kondisi kurang menyenangkan dan memohon perlindungan Allah. Kalau kata Masyaallah, sebaiknya diucapkan saat kita dihadapkan pada kondisi yang menyenangkan atau kita melihat sesuatu yang bikin kagum sebagai ucapkan syukur kepada Allah.” kata mbak rita.

Mengucap Subhanallah

Rita YWS, Penggiat agama | Photo: Copyright Doc Vemale.com

Sementara kalimat Astagfirullahalazin ini di ucapkan saat terjadi kekhilafan atau perlakuan kurang baik yang di sengaja maupun tidak.

“Kalau kita berbuat sombong ucapkan Astagfirullahalazim, karena itu godaan dari setan dan bacalah Alhadulillah saat mendapatkan rezeki dari Allah.” kata mbak Rita sebagaimana di lansir dari Vemale.com 16 Juni 2016.

Melihat keindahan alam dengan berucap Masyaallah luar biasa… ini yang seharusnya kita ucapkan, atau melihat apa saja yang bersifat bagus mengagumkan. Memang keterbalikan ucapan saat kita melihat sesuatu yang baik maupun yang kurang baik tidak ada hukuman. Akan tetapi ini perlu kita benahi supaya apa yang kita ucapkan nanti tidak salah.

“Karena tidak tahu sih, ya tidak apa-apa, tapi kalau sudah tahu ya sebaiknya diperbaiki saja. Dan bila kita mendengar teman atau siapa saja yang salah, alangkah baiknya jika kita beritahu saja. Karena memberitahu kalau ada yang salah itu kan kebaikan dan mendapatkan pahala. Maka dari itu, diperbaiki saja supaya tidak terbalik mengucapkan kata-kata tersebut saat dihadapkan di suatu kondisi tertentu.” tutup Mbak Rita.

Apakah kamu salah satu orangnya? Yang suka salah mengucapkan kalimat tersebut? Atau malah tidak pernah mengucapkan sama sekali, cukup bilang Luar bisa…! saat melihat sesuatu yang bagus atau Wuih..! Keren..!!!. Untuk penilaian ucapan kamu ini termasuk sudah baiklah di banding orang yang punya kebiasaan memaki saat hatinya mendadak di buat kagum Jiangkrik…! Yakin tidak kalau ada yang lebih parah dari kata Jangkrik?

Biasakanlah dirimu mengucpakan kalimat Massaallah saat melihat sesuatu yang menakjubkan, misalhnya ke indahan alam seperti gungung, dan biasakanlah dirimu mengucpakan kalimat Subhanallah saat mendapati dirimu kurang menyenangkan misalnya kakimu kesandung batu gunung.

loading...

Leave a comment

Your email address will not be published.


*