Rumah Beton Lantai 3 Ini Akan Dihancurkan Karena Terkena Proyek, Petani Ini Memindahkan Rumahnya Tanpa Menghancurkannya

Rumah Beton

Kabarseru.com — Rumah beton lantai 3 ini terkena pembangunan proyek pemerintah, semua warga yang memiliki rumah di area proyek diminta untuk pindah sejauh 40 meter, tentu saja rumah beton tidak mungkin dapat di pindah dalam kondisi utuh, kecuali menghancurkannya, apalagi rumah tersebut berlantai 3, rasanya mustahil.

Memindahkan rumah secara utuh memang ada di Indonesia, tentu rumah berukuran sederhana serta berbahan kayu yang nantinya akan di gotong secara ramai-ramai oleh segenap warga.

Memindahkan rumah tentu berbeda dengan pindah rumah dan inilah yang dilakukan seorang petani bernama Gao asal China, Gao sayang jika rumahnya yang baru di bangun pada tahun 2014 di hancurkan karena lahan tersebut terkena pembangunan pemerintah, ia berinisiatif untuk memindahkan rumahnya secara utuh sejauh 40 meter.

Rumah gao berlantai 3 itu di bangun dengan menghabiskan biaya 1 juta yuan, atau setara dengan Rp 2,1 miliar, bahkan rumah Gao ini baru di tinggali beberapa bulan terakhir oleh keluarganya, siapa sangka rumah kesayangan itu justru terancam di hancurkan lantaran terkena proyek jalan.

Rumah Beton Lantai 3 Ini Akan Dihancurkan Karena Terkena Proyek

Rumah Beton Lantai 3 Ini Akan Dihancurkan Karena Terkena Proyek

Untuk memindahkan rumahnya yang sudah barang tentu berbobot puluhan bahkan ratusan ton itu Gao menyewa orang untuk memindahkan rumahnya tanpa menghancurkannya. Butuh waktu hingga enam minggu selama proses pemindahan rumah tersebut serta menghabiskan sedikitnya 1.000 kayu balok.

Rumah Gao berhasil dipindahkan tanpa merusak bagian manapun, bahkan sekedar retak pun tidak. “Kami sudah tiga bulan di rumah ini dan tidak menemukan adanya kerusakan atau keretakan di rumahku,” kata Gao.

Biaya memindahkan rumah Gao, pria itu mengaku habis biaya sekitar 330 ribu yuan, atau setara dengan Rp 720 juta sementara dari pemerintah, Gao mendapat ganti rugi sebesar 680 ribu yuan atau sekitar Rp 1,4 miliar.

Rumah Beton Lantai 3 Ini Akan Dihancurkan Karena Terkena Proyek

Ide kreatif Gao terkait memindahkan rumahnya membuat tetangga sebelah terinspirasi untuk mengikuti jejak Gao yang rumahnya juga terkena proyek jalan. Akan tetapi tetangga Gao bernama Jiang itu rumahnya lebih besar serta lokasi lahan untuk memindahkan rumahnya cukup sulit. Jika berhasil pastinya akan menelan biaya jauh lebih besar di banding Gao.

Biayanya cukup besar untuk memindahkan rumah Gao tanpa menghancurkannya, bahkan biaya kompensasi dari pemerintah itu tentu cukup untuk membuat rumah baru.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*