Mobil Mogok di Rel Kereta Api, Hidupkan Mesin Dengan Cara Ini

Mobil Mogok Di Rel Kereta Api

Kabarseru.com — Mobil mogok di rel kereta api sangat sering terjadi, siapapun yang mengalaminya akan dilanda rasa panik luar biasa, terlebih lagi kereta api yang melaju dengan kecepatan tinggi telah berada cukup dekat, satu-satunya jalan selamat segera keluar dari mobil dan berlari yang jauh, lupakan mobil selamatkan nyawa merupakan pilihan tepat.

Mengapa mobil saat melintasi rel kereta api mesinnya bisa mati mendadak, tak cuma mobil, sepeda motor juga bisa mengalami hal serupa. Rel kereta api terbuat dari baja, dan setiap saat rel tersebut mengalami gesekan dengan roda kereta yang juga berbahan besi. Akibatnya terjadi induksi medan magnet di sepanjang rel.

Magnet tersebut akan tersimpan hingga 3 jam lamanya, sementara kereta api yang melintasi rel tersebut rentang waktunya kurang dari tiga jam, jadi magnet yang tersimpan pada rel tak pernah hilang.

Medan magnet yang terpancar dalam rel tentun cukup tinggi hingga dapat menyebabkan mesin mobil mati mendadak, biasanya mesin akan sulit di nyalakan kembali sebelum bergeser dari rel.

Mobil Mogok Di Rel Kereta Api, Hidupkan Mesin Dengan Cara Ini

Mobil Mogok Di Rel Kereta Api

Mobil Mogok Di Rel Kereta Api

Sebaiknya hati-hati berkendara mobil atau sepeda motor saat hendak melintasi rel kereta api, pastikan dari arah kiri dan kanan rel tidak ada kereta. Jika kereta telah tampak dari kejauhan, sebaiknya anda bersabar menunggu hingga kereta melintas didepan anda.

Nah berikut ini sebuah pengalaman yang baru-baru ini dialami oleh seorang pengguna media sosial Facebook Racing Republic, melalui sosial media Instagram @jogja, dia share pengalamannya tentang kejadian mesin mati mendadak saat berada di perlintasan rel kereta api, yakni cara menyalakan mesin kembali.

Dalam sharing diceritakan sebagai berlut.

Jam 7 pagi tadi, saya berangkat kerja seperti biasa menuju ke arah roxy melewati kolong jembatan yang baru dan juga rel perlintasan kereta api.

Ketika mobil saya pas diatas rel kereta api, tiba-tiba mesin mobil mati, dan pada pas itu ada kereta api yang akan lewat. Saya tengok ke kanan, kereta sudah kelihatan walau masih jauh.

Saya teringat kejadian 2 tahun lalu, saat om dan tante saya terjebak diatas rel kereta api di Surabaya. Mobil mereka tiba-tiba berhenti mendadak, tidak bisa dihidupkan.

Mereka panik dan refleks aja om saya tekan klakson mobil berkali-kali dan waktu om saya coba starter lagi eh… mesin mobil hidup lagi dan saat itu kereta api udah benar-benar mendekat, semua orang di sekitar sudah pada berteriak, “keluar…keluar. ..keluar !!”

Akhirnya selamat…! Berdasarkan pengalaman tersebut, saya pun juga ikut mencoba membunyikan klakson, Saya bunyikan klakson terus.

Eh…tiba-tiba tape mobil saya menyala. Dan mobil saya pun berhasil distarter. Antara percaya dan tidak, saya juga masih heran kok bisa ya nyala sendiri ???

Karena penasaran, saya pun mencari tau.. Mengapa mesin kendaraan bisa mati mendadak ketika melintasi rel kereta api. Dan kenapa bisa hidup kembali setelah membunyikan klakson? Ini penjelasan ilmiahnya?

Bunyi yang nyaring tinggi seperti klakson dapat memutuskan rangkaian listrik dan medan magnet di sekitarnya.

Semoga Bermanfaat.

Informasi ini menjadi viral di media sosial karena dinilai cukup bermanfaat bagi banyak orang, hingga kini informasi tersebut sudah di sebarkan 8 ribu kali lebih. Ucapan terima kasih dari netizen mengalir deras, namun ada juga yang mengajukan pertanyaan.

loading...

Leave a comment

Your email address will not be published.


*