Inikah Wajah Bayi Putri Duyung Sesungguhnya?

Bayi Putri Duyung

Kabarseru.com – Seorang bayi di Uttar Pradesh, India lahir dengan kondisi cukup langka, bayi yang di lahirkan seorang wanita bernama Sahranpur 22 tahun memliki kondisi sepasang kaki dempet menyatu seperti kondisi ikan duyung dalam dongeng.

Bayi yang halir hari Jumat beberapa hari lalu sayang tidak bertahan lama, hanya 10 menit bayi meninggal dunia. Banyi lahir dengan kondisi cacat cukup banyak sebagaimana di ketahui para ahlim medis, namun cacat ke dua kaki dempet baru kali ini terjadi.

“Saya baru kali ini melihat kasus tentang kelahiran yang seperti ini,” kata ginekolog Dokter Vandana Arya.

“Kondisi tubuhnya menyerupai ikan. Ke dua tangan seperti sirip. Yang lebih mengejutkan kami, bagian atas tubuh bekerja dengan baik meski ke dua kakinya tidak dapat gerak,” lanjutnya.

Menurut sejarawan medis Lindsey Fitzharris, kondisi bayi ini bisa di akibatkan kegagalan pasokan vaskular normal, ketika tali pusar gagal untuk membentuk dua arteri sehingga tak dapat pasokan darah yang cukup mencapai janin.

“Arteri yang kurang mendapat pasokan darah akan mengambil darah dari nutrisi tubuh bagian bawah, kemudian mengalihkan kembali ke dalam plasenta. Dalam sejumlah kasus, janin mengalami kekurangan gizi dan akhirnya gagal mengembangkan dua anggota badan yang terpisah.” kata Fitzharris.

Bayi Putri Duyung

Bayi yang lahir dengan kondisi sepeti ikan duyung ini memang sangat langka, hanya ada 1 dari 100,000 bayi. Namun 100 kali lebih mungkin terjadi pada kembar identik.

“Sirenomelia sangat fatal. Tidak ada yang bertahan hidup. Sebagian besar anak meninggal selama beberapa hari karena ginjal dan kegagalan kandung kemih,” katanya.

Baca juga: Bayi Lahir Bermata Satu Hebohkan Wagra Mesir

Pada umumnya kelainan tersebut biasa terjadi pada wanita yang tidak mengalami komplikasi selama hamil. Namun USG terakhir mengungkapkan ginjal bayi belum berkembang.

Bayi Putri Duyung

“Ini adalah kasus keempat sindrom putri duyung di dunia tetapi kasus pertama dilaporkan di India. Kemungkinan terjadi karena asupan obat berlebih, kekurangan vitamin, genetika, riwayat keluarga atau bahkan ibunya penderita diabetes,” ujarnya.

Baca juga: Bayi Dibuang Ibunya Diselamatkan Oleh Seekor Anjing

Bagaimana menurut opini anda terkait kondisi bayi yang menyerupai ikan duyung? Apakah masih ada dengan dongeng tersebut sehingga di namai Bayi Putri Duyung.

loading...

Leave a comment

Your email address will not be published.


*