Cobek Raksasa Ditemukan di Lereng Merapi Magelang

Cobek Raksasa

Kabarseru.com ─ Sebuah cobek raksasa ditemukan masyarakat kawasan Barat Daya puncak gunung merapi di Dusun trasan Desa Bringin srumbung Kabupaten Magelang Jawa Tengah pada 28 Juli 2016 sekitar jam 11.30 WIB.

“Semula Kami sedang menggali tanah menggunakan linggis, tiba-tiba ujung linggis menghantam batu, saya terus menggali dan menemukan sebuah cobek besar,” kata maryono 58 tahun warga yang sedang menggali tanah untuk membuat septic tank di rumah tetangganya Rohmadi 25 tahun di Magelang.

Tak lama kabar tentang penemuan cobek raksasa yang diduga peninggalan zaman kuno tersebut langsung menyebar di tengah-tengah masyarakat sekitar, mereka pun langsung berdatangan ke pekarangan rumah Rohmadi untuk melihatnya secara langsung, bahkan aparat kepolisian pun turut mendatanginya.

Cobek raksasa kini telah diangkat dari kedalaman bawah tanah sekitar 2 meter menggunakan crane kecil mili seorang tetangga yang membuka bengkel tak jauh dari tempat tersebut.

Cobek raksasa itu berdiameter 115 cm dengan tebal pinggiran 8 cm sementara ukuran diameter bagian dalam 98 cm dengan ketinggian 50 cm dan kedalaman lubang sobek sekitar 10 cm.

Selain ditemukan cobek raksasa juga ditemukan beberapa batu dekat cobek tersebut dengan ukuran panjang 26 cm lebar 10 cm dan tebal 11 cm.

Cobek Raksasa Ditemukan di Lereng Merapi Magelang

Rohmadi selaku pemilik lahan tersebut mengatakan temuan itu akan dijadikan sebagai hiasan di rumahnya kalau pemerintah hendak mengambilnya silahkan tetapi ada ganti ruginya katanya.

Menurutnya lahan tersebut sebelumnya berupa kebun dengan posisi tanah yang lebih tinggi dan ditumbuhi pepohonan dikarenakan akan dijadikan lahan bangunan maka tanah itu diratakan

Mengenai temuan copet raksasa tersebut Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan Pemerintah Kabupaten Magelang Edi Susanto mengatakan pihaknya belum mendapatkan laporan tentang penemuan coba raksasa tersebut.

Masih menurut Edi pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk penanganan lebih lanjut atas temuan cobek raksasa di lereng Merapi itu. Demikian dilansir dari liputan6.com 31 Juli 2016.

loading...

Leave a comment

Your email address will not be published.


*