Cari Siaran Telkom 3 Parabola Begini Caranya (Full Gambar)

Cari Siaran Telkom 3 Parabola

Kabarseru.com — Cari siaran telkom 3 parabola bagi yang sudah paham sangat mudah, namun bagi yang tidak nanti hasilnya bisa tambah parah, siaran yang ada justru malah ikut lenyap.

Sebelumnya satelit Telkom1 ada di sisi barat satelit Palapa D sedangkan saat ini Telkom 3 ada di sisi timur Palapa D yang artinya menjadi kebalik, hal ini sudah terjadi beberapa minggu yang lalu dan di luaran sana sudah banyak yang mengulas tentang ini.

Setting antena parabola versi sebelumnya adalah LNB 1 atau LNB utama mengarah ke satelit Palapa D dengan posisi 22K Off  sedangkan LNB 2 mengarah ke Telkom 1 di pisisi 22K On. Setingan ini tidak dapat dijadikan pedoman, karena teknisi bisa saja mengatur secara terbalik yakni LNB 1 justru malah mengarah ke Telkom1.

Jadi sebaiknya sebelum anda melakukan pencarian Telkom 3 cek dulu konfigurasinya yang ada di dalam parameter DVB nya, apakah Palapa D menggunkan LNB 1 atau 2. Kalau yang sudah mahir cukup melihat kemiringan parabolanya sudah bisa menebak.

Ada beberapa cara mencari siaran Telkom 3, jika parabala menggunakan 2 LNB, cara yang pertama adalah.

Cari Siaran Telkom 3 Parabola

1. Memindahkan posisi LNB, yaitu LNB 2 yang sebelumnya di posisi timur LNB 1 kita pindahkan ke posisi barat LNB 1 dengan cara memutar tiang fokus, cara ini tergolong cukup simple karena cuma memutar atau memindahkan posisi LNB 2 saja, yang lainnya tidak perlu di utak-atik.

Jika sudah, kita lakukan Scan untuk Telkom 3 jika putaran atau pemindahan posisi LNB tepat, nanti akan keluar semua siaran Telkom 3 yang di antaranya Trans 7, Trans TV HD, TVRI JAMBI, TVRI aceh, TV Edukasi dan siaran lainnya, sementara saluran Palapa D tidak terganggu, jika hasil Scan Telkom 3 hanya muncul beberapa siaran saja, berarti posisi LNB 2 belum benar-benar tepat, langkah selanjutnya tepatkan posisi LNB 2 sambil melihat kekuatan sinyal di layar TV dengan cara menekan info siaran Telkom 3.

2. Cara ke dua ini tidak memutar atau memindahkan posisi LNB 2 ke sisi barat LNB 1, melainkan hanya menukar 22K pada parameter di dalam program receiver, yang semula Palapa D di posisi 22K Off atau Mati kita ubah menjadi 22K On, begitu sebaliknya yang tadi Telkom 1 di posisi 22K On kita ubah menjadi 22K Off.

Intinya sama, hanya saja cara ini agar banyak pekerjaannya, nah untuk mengatur atau mengubah 22K menjadi On atau Off.

Dari Remote Controll, tekan MENU pilih Pengaturan Program lihat gambar di bawah ini.

Gambar 1.

Pilih Pengaturan antena

Gambar 2.

Pada satelit TELKOM1 untuk pindah ke Palapa D tinggal gulir ke kiri atau ke kanan dari remote kontrol.

Pada 22K jika semula Mati, ubah ke posisi Hidup dengan menekan tombol navigasi kiri atau kanan di remot.

Gambar 3.

Gulir ke Kiri atau ke Kanan Pada Telkom1 untuk beralih ke satelit Palapa D. 22K gulir ke Kiri atau ke kanan untuk beralih ke On atau Hidup.

Demikian untuk satelit Palapa D pada 22K jika semula Hidup ubah ke posisi Mati.

Gambar 4.

Gulir ke Kiri atau ke Kanan Pada Palapa D untuk beralih ke satelit Telkom. 22K gulir ke Kiri atau ke kanan untuk beralih ke Off atau Mati

Jika sebelumnya Palapa D berada di posisi 22K On maka kita off kan saja, intinya mengubah settingan lama. Jika sudah di ubah, langkah selanjutnya miringkan parabola ke timur sedikit.

Catatan: Untuk parabola dengan dua LNB atau lebih, biasanya menggunakan Switch, nah Switch ini ada yang bekerja dengan 22K dan DiSEqC.

Jika kita sudah mengatur 22K On atau Off pada satelit baik palapa D maupun Telkom1 tidak ada pengaruh, berarti Switch bekerja dengan sistem DiSEqC kita tinggal atur saja untuk Palapa D yang semula berada di posisi DiSEqC LNB 1 kita ubah menjadi DiSEqC LNB 2 begitu juga saluran Telkom 1 ubah menjadi kebalikannya.

Untuk LNB 1 atau LNB 2 biasanya pada Receiver tertentu tertulis LNB A, LNB B, LNB C, LNB D, yang intinya sama saja yakni 1, 2, 3, 4.

Apa itu Switch? Switch adalah di mana dari kabel Receiver DVB menuju Switch dulu, dari Switch akan meneruskan ke arah dua LNB yakni LNB 1 dan 2 hingga 4.

Switch untuk bekerja 2 LNB, 3 LNB, 4 LNB, dan seterusnya, kalau cuma menggunakan 1 LNB tidak usah pakai Switch, kabel antena dari mesin DVB, Receiver atau Digital langsung menuju LNB.

Oke lanjut lagi…

Untuk memastikan mendapat siaran pilih dulu salah satu siaran dari satelit Palapa D misal Indosiar lalu tekan info dari remote kontrol baru miringkan parabolanya, jika siaran sudah muncul pastikan kekuatan sinyal sudah maksimal.

Selanjutnya melakukan Scan saluran Telkom 3.

Tekan MENU pada remote kontrol, pilih Pengaturan Program lihat gambar 1.

Pilih Scan Otomatis lihat gambar berikut.

Gambar 5.

Catatan: dalam program receiver Telkom 1 atau telkom 3 sama saja, yang penting LNB 2 mengarah ke satelit Telkom di mana terdapat siaran Trans 7 Trans TV dan siaran lainnya.

Gambar berikut ini perhatikan panah merah, pada satelit telkom 1 jika di gulir ke kiri atau ke kanan akan berganti nama satelit.

Mencari Bebas hanya siaran free saja yang akan di Scan, untuk Scan telkom1 pilih saja Bebas jika semula ada di posisi Semua tinggal gulir ke kiri atau ke kanan untuk memilih Bebas.

Selanjutnya tekan OK pada remote kontrol untuk proses Scaning.

Gambar 6.

Proses Scan Otomatis Telkom 3 sudah berjalan hingga 26 % dan sudah menemukan beberapa siaran.

Gambar 7.

Catatan: setiap Receiver biasanya memiliki tampilan program berbeda, seperti contoh gambar berikut ini.

Tampilan MENU utama pada Receiver MPEG-4

Mengubah parameter Palapa D

Mengubah posisi 22K ON atau OFF

Meskipun tampilannya berbeda, namun pada inti kerja dan sistemnya sama saja. Adapun sekarang ini Receiver MPEG- 2 dan MPEG-4 tidak pengaruh dalam sistem parameter, MPEG-4 hanya untuk urusan kwalitas gambar, jika menggunakan TV LED maka kita bisa menghubungkan Receiver ke TV menggunakan kabel HDMI yang tentu memiliki grafik lebih cling di banding menggunakan kabel RCA. Kuning, merah, putih.

Dan berikut ini gambar skema cara kerja parabola lama telkom1 dan yang baru yakni telkom 3.

Gamar SEBELUM

Cari Siaran Telkom 3 Parabola

Gambar Parabola menangkap satelit Palapa D dan Telkom 1 Settingan lama. Klik gambar untuk zoom.

Cari Siaran Telkom 3 Parabola

Gambar SESUDAH

Cari Siaran Telkom 3 Parabola

Dan gambar berikut ini adalah settingan yang baru, menangkap satelit Palapa D dan Telkom 3. Klik gambar untuk zoom.

Nah kami rasa cukup tips atau cara cari siaran Telkom 3 parabola dan semoga tips ini bermanfaat buat kamu semua yang ingin  menjadi teknisi siaran parabola atau sekedar utak-atik milik sendiri. Baca juga Nonton Siaran PARABOLA di Android, Gambar dan Suara Bening

Silahkan bertanya melalui kolom komentar non facebook jika memerlukan balasan.

loading...

Leave a comment

Your email address will not be published.


*