Cara Pasang Antena Yagi Extreme III Agar Dapat Sinyal 3G, 4G LTE

Cara Pasang Antena Yagi Extreme III

Kabarseru.com — Cara pasang antena yagi extreme III agar berhasil mendapatkan sinyal di modem, barang kali kamu masih belum berhasil mendapatkan sinyal terbaik dari suatu Operator dengan antena tersebut, sebenarnya kami sendiri juga mengalami hal yang sama, namun pada akhirnya kami berhasil.

Beberapa tahun yang lalu kami pengguna jaringan EVDO Ceria dengan paket unlimited, pada masa itu kami juga beli antena yagi extreme III melalui onlineshop. Pada awalnya kami coba pasang antena tersebut baik di smartphone maupun modem (modem minjam) tidak dapat sinyal 3G, bahkan 2G pun tidak dapat.

Jauh sebelum itu kami pernah beli antena khusus 2G untuk HP java dan hasilnya cukup bagus, sinyal full bar, bahkan dapat menerima sinyal dari BTS terjauh.

Namun kenapa ya? Kami ketika coba menggunakan Antena Yagi Extreme III malah kesulitan mendapat sinyal, semula kami mengira antena tersebut tidak berfungsi, bahkan sempat kami bongkar bagian dalam driver dan bagian kabel induxi nya, kami curiga barang kali ada bagian kawat yang tidak tersambung dengan baik.

Namun kami tidak menemukan masalah sama kabelnya dan kami coba lagi pasang antena dengan berbagai cara mengarahkan ke segala penjuru, namun tetap saja tidak dapat sinyal 3G, apalagi 4G karena di tempat saya belum terjangkau jaringan LTE.

Pada akhirnya antena tersebut saya taruh begitu saja di suatu sudut ruangan, saya merasa antena tersebut tidak berguna dan kami fokus pakai jaringan Ceria, cukup lama antena yang kami beli itu terbengkalai tak urus, bahkan kotak radionya saja sudah kesimpan dimana. Namun dalam hati kecil kami masih penasaran, ketika kami melakukan googling di internet mencari informasi seputar antena yagi extreme III kami tidak menemukan dari salah satu mereka mengeluh.

Pada suatu saat Ceria melakukan upgrade jaringan dari EVDO ke 4G LTE, selama itu kami tidak bisa lagi mengakses internet, kami menunggu tersedianya jaringan 4G LTE dari ceria atau NET1 tidak kunjung berfungsi, akhirnya kami kembali memperhatikan antena yagi extrem III yang sudah terbengkalai, kami cari aksesorisnya di berbagai tempat dan berhasil menemukan.

Setelah semuanya terkumpul kami rakit kembali, dengan berbekal sedikit ilmu hasil dari google, kami coba pasang lagi antena yagi, waktu itu kami belum ada modem ya masih pakai smartphone dengan sistem induxi.

Kabel induxi bawaan sudah tidak dapat di pakai kami bikin kabel induxi sendiri sejadi-jadinya, setelah antena sudah kami dirikan, kami mulai tracking, mengarahkan mata antena ke segala penjuru, sebenarnya sih kami arahkan ke arah BTS sesuai menurut insting arah BTS, karena kami tidak ada GPS.

Pada awalnya memang susah sekali mendapatkan sinyal, namun dengan sabar dan perlahan-lahan akhirnya dapat sinyal juga. Namun agaknya pilih-pilih arah, karena setahu kami ada beberapa BTS di kampung sebelah dengan jarak kisaran 2 hingga 3 KM. Kami mendapat sinyal ke arah yang tidak ada BTS nya, pada saat itu sinyalnya masih suka hilang timbul.

Akhirnya kami putuskan beli modem beserta pigtailnya dari online, karena kami yakin pakai modem dengan sistem pigtail akan mendapat sinyal cukup bagus, dan ternyata tebakan kami tidak meleset, kami berhasil mendapatkan sinyal 3G pakai antena yagi extreme III dengan sistem pigtail.

Cara Pasang Antena Yagi Extreme III Agar Dapat Sinyal 3G, 4G LTE

Nah disini akan kami jelaskan bagaimana antena yagi extreme II maupun III itu memiliki sistem kinerja yang sama. Kami banyak pengalaman seputar trakcing parabola, bahkan sudah di luar kepala, tahu persis bagaimana antena parabola bekerja, dari sini kami mengambil kesimpulan, bahwa antena adalah alat penerima langsung tidak bisa ada perantara.

Demikian antena yagi extreme III harus dapat kiriman langsung dari BTS tanpa hambatan apapun, baik pohon, rumah gedung, dan penghalang lainnya. Jika diibaratkan mata, antena yagi harus berada di tempat yang tinggi dapat melihat langsung pemancar BTS tanpa ada tedeng atau terhalang obyek lain.

Ini artinya antena yagi extreme III atau II yang kamu pasang di daerah kamu, terkait ketinggian antena sangat di tentukan oleh lokasi kamu itu sendiri.

Meskipun cuma 4 atau 5 meter selama antena dapat menerima sinyal langsung dari BTS ya sudah, tak perlu harus lebih tinggi lagi, nah demikian jika daerah kamu semak banyak pohon-pohon tinggi di sekitar rumah, atau bangunan tinggi, ya mau tidak mau kamu harus bikin antena kamu lebih tinggi dari mereka, sekalipun hingga 20 meter ketinggiannya jika masih terhalang maka tidak akan dapat sinyal.

Intinya usahakan antena kamu lebih tinggi dari obyek sekitar, pastikan antena kamu dapat menerima pancaran sinyal langsung dari BTS.

Maaf kami tidak memiliki gambar pendukung dalam tulisan ini, namun yakinlah, karena apa yang kami tulis disini menjurus ke bab sistem kinerja. Hal ini sama dengan parabola meskipun menerima sinyal dari satelit, namun jika parabola terlindung daun atau ranting pohon, maka antena tidak akan dapat menerima sinyal kecuali sedikit.

Nah antena yagi yang kami pasang di rumah memiliki ketinggian 12 meter baru dapat sinyal, sebelumnya kami pasang dengan ketinggian cuma 6 hingga 7 meter hasilnya nihil.

Nah bagaimana jika harus memasang antena dengan ketinggian lebih dari 15 meter, padahal kabel antena bawaan cuma 15 meter. Ini aritnya harus beli kabel tambahan 10 meter sudah lengkap dengan konektornya, karena kabel penyambung tersebut memang di peruntukkan memperpanjang kabel antena yagi, cari saja di onlineshop.

Nah demikian pengalaman yang kami dapat selama menggunakan antena yagi extreme III hingga detik ini. Kami tidak bisa foto-foto untuk pendukung artikel ini, karena smartphone nya sudah laku hehe 😀

Leave a comment

Your email address will not be published.


*