Cara Menyalin Tulisan Dari Kertas Ke Notepad Android Tanpa Ngetik

Cara Menyalin Tulisan Dari Kertas Ke Notepad

Kabarseru.com — Cara menyalin tulisan dari kertas ke notepad Android ternyata tidak sulit-sulit amat. Cukup menggunakan sistem Scanner kamera maka tulisan yang ada di kertas akan di convert menjadi tulisan digital, barang kali kamu sering punya tugas menyalin tulisan panjang di kertas ke dalam file *.txt.

Tentu prosesnya bisa kita lakukan dengan cara mengetik, tetapi jika jumlah tulisannya cukup panjang, pasti butuh waktu lama dan berujung jenuh melelahkan, nah bagaimana jika menggunakan cara yang satu ini cukup menggunakan aplikasi di android dengan sedikit proses maka semua tulisan yang ada di kertas akan menjadi ada di notepad dalam smartphone.

Oke berikut kami uraikan cara-caranya yang harus kamu ikuti.

Cara Menyalin Tulisan Dari Kertas Ke Notepad Android Tanpa Ngetik

Pertama pasang aplikasi bernama Text Fairy di smartphone kamu, bisa klik alamt Text Fairy berwarna hijau itu. Setelah terpasang jalankan aplikasinya.

Untuk tahap uji coba, lebih dulu pasang/Download bahasa yang diingikan misalnya bahasa Indonesia (Bahasa digunakan untuk mengenal bahasa teks di kertas yang akan di salin) untuk itu wajib di pasang dulu.

Sentuh opsi bertanda  pada sudut kiri atas.

Tab Add Language.

Cari bahasa yang diinginkan lalu Tab Download

Ada dua pilihan untuk Scanner teks di kertas, yakni kertas bentuk file *.jpg *.PNG didalam smartphone atau kertas nyata seperti buku, novel, koran dan lainnya.

Jika teks yang akan di Scanner berada dalam kertas nyata, harap bentangkan dulu kertasnya pastikan berada dalam cahaya cukup, tidak remang-remang atau redup, agar teks terlihat jelas saat di bidik kamera.

Selanjutnya pada aplikasi Text Fairy sentuh ikon kamera pada sisi atas kanan.

Arahkan kamera ke kertas pastikan semua teks dikertas terlihat dalam kamera dengan baik. Sentuh tombol bidik pada kamera untuk mengabadikan kertas.

Setelah kertas berhasil di foto, perhatikan bagian teks yang terlihat apakah teks secara keseluruhan terlihat baik atau tidak, jika harus diulang sentuh COBA LAGI pada sisi atas kiri. Namun jika sudah baik bisa lanjut dengan menyentuh tombol OK pada sisi atas kanan, tunggu beberapa saat.

Selanjutnya geser pembatas segi empat berwana biru. Pastikan pembatas hanya mengurung keseluruhan teks yang akan disalin. Sentuh tiap-tiap sudut pembatas, atau titik tengah dimana terdapat bulatan, silahkan atur sedemikian rupa hingga garis pembatas tidak mengurung ruang kosong tanpa teks.

Kalau semua sudah dilakukan silahkan sentuh tanda panah hijau pada kanan bawah.

Selanjutnya pilih salah salah satu apakah teks dibuat dua kolom atau satu kolom. Setelah itu sentuh mobol START.

Tunggu beberapa saat sedang proses, tergantung banyaknya teks, makin banyak teks yang di scaner maka prosesnya semakin agak lama, kalau sudah silahkan sentuh tombol OK.

Jika ada kalimat teks yang tak terdeteksi akan berwarna merah yang tentunya bisa di betulkan. Pada tahap ini, teks bisa di Copy, share, di convert menjadi PDF atau diterjemahkan ke Google translate.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*