Cara Ganti Nada SMS Notifikasi di Samsung J5 & Efek Kamera Pakai Efek External

Cara Ganti Nada SMS Notifikasi di Samsung J5

Kabarseru.com — Cara ganti nada SMS notifikasi di samsung J5 serta mengganti suara efek kamera menggunakan sound yang bisa kamu download di posting ini. Syaratnya smartphone harus sudah root, tujuannya agar kita dapat masuk ke dalam system android.

Seperti yang kita ketahui, smartphone samsung galaxy J5 cuma bisa mengganti nada dering panggilan saja, di maksud mengganti disini adalah mengganti nada dering menggunakan musik atau efek suara yang tersimpan di memory external /card SD bukan mengganti dengan nada bawaan yang tersedia di smartphone.

Sedangkan untuk mengganti nada notifkasi SMS atau instan message chatting hanya bisa mengganti nada yang tersedia alias bawaan. Nah bagaimana agar kita bisa mengganti nada notifikasi SMS pakai musik sendiri dan suara efek kamera?

Berikut ini silahkan ikuti tutorialnya denggan cermat agar tidak salah mengikuti petunjukknya.

Cara Ganti Nada SMS Notifikasi di Samsung J5 & Efek Kamera Pakai Efek External

Pertama kalau belum punya aplikasi Root Explorer, silahkan download aplikasi Root Explorer 4.0.1 gratis ukuran 3MB

DOWNLOAD APK Root Explorer

Ke dua. Download nada SMS notifikasi dan suara efek kamera yang kami kemas ke file zip ukuran 3MB.

DOWNLOAD .ZIP Notifications

Didalam file tersebut tidak cuma berisi nada notifikasi, tetapi terdapat beberapa nada dering telepon klasik, (telepon rumah) ringtone original Sony Ericsson dan nokia.

Atau kamu bisa cari nada SMS notifikasi sendiri melalui google, pastikan format nadanya .ogg bukan .mp3 extrak file di memory external diluar folder saja biar gampang dan cepat prosesnya.

Selanjutnya install aplikasi Root Explorer lalu jalankan aplikasinya, jika muncul PopUp izin dari aplikasi SuperSu klik IZINKAN

Tampilan awal Root Explorer seperti gambar dibawah ini yakni terdiri dua tab.

Cara Ganti Nada SMS Notifikasi di Samsung J5

Sebelah kiri Root kanan juga Root, kita pakai Tab kiri dulu. Masuk ke System, skrol naik sampai menemukan folder bernama System pastikan nama System diawali huruf S kapital bukan s kecil, karena disini terdapat dua nama, yakni .system dan System, pilih yang System saja.

Klik folder System, lanjut Media, lanjut lagi Audio di dalam folder Audio ini terdapat tiga folder, yakni folder notifications yang berisi nada notifikasi SMS, folder kedua adalah ringtones yang berisi nada ringtone untuk panggilan dan folder ui berisi nada-nada efek seperti suara kamera saat dipakai untuk mengambil gambar (Ckrek), suara volume, suara keyboard dan suara efek lainnya.

Untuk menambahkan nada notifikasi SMS buka folder notification lalu tinggalkan dulu. Kita beralih ke tab Root sebelah kanan klik saja ROOT kanan lalu klik folder storage lalu klik folder bernama B212-1517 atau mungkin namanya berbeda dengan yang ada di smartphone kamu karena B212-1517 ini sejatinya nama card SD.

Setelah dibuka skroll hingga ke bawah, nanti akan menemukan beberapa nada hasil extrakan tadi. Tandai nada-nada notifikasi dengan cara sentuh agak lama, untuk menandai nada berikutnya cukup sentuh saja tanpa ditahan.

Setelah semua nada notifikasi ditandai, klik salin dengan menyentuh ikon kotak dobel di sisi atas.

Cara Ganti Nada SMS Notifikasi di Samsung J5

Dengan menyentuh ikon kotak dobel maka di sisi kanan bawah layar akan muncul ikon paste dan tanda x atau batal.

Cara Ganti Nada SMS Notifikasi di Samsung J5

Kembali ke tab ROOT kiri, klik paste selanjutnya tekan yes.

Semua nada yang baru ditambahkan harus diubah permssions-nya, menjadi  rw-r-r

Caranya tandai semua nada yan telah ditambahkan, lalu klik tiga titik di sudut kanan layar.

Cara Ganti Nada SMS Notifikasi di Samsung J5

Klik permissions, jika muncul tulisan Warning klik saja yes.

Ubah permissions menjadi seperti gambar dibawah ini.

Cara Ganti Nada SMS Notifikasi di Samsung J5

Selesai, tutup semua aplikasi lalu restart atau mulai ulang smartphone kamu dengan cara tekan dan tahan tombol Power. temukan hasilnya di pengaturan notifikasi SMS atau pesan chatting.

Untuk menambahkan ringtone atau nada panggilan kamu bisa menggunakan cara seperti diatas, bisa juga melalui nada panggilan tanpa aplikasi.

Khusus untuk mengganti suara efek kamera. Masuk ke folder ui, cari nada bernama Shutter.ogg hapus dan ganti nada yang didownlaod. Jangan lupa setiap mengganti nada atau menambah nada smartphone harus di restart ulan.

Untuk smartphone samsung type lain langkahnya sama seperti diatas, untuk merk smartphone lain silahkan dicoba dengan langkah diatas jika mungkin beda cara paling juga tidak jauh beda. Yang jelas langkahnya mirip-mirip.

Demikian semoga tips ini bermanfaat.

loading...

Leave a comment

Your email address will not be published.


*