Cara Flash Samsung Galaxy J2 Prime Lewat PC/Laptop 100% Word

Kabarseru.com — Cara flash samsung galaxy J2 prime menggunakan PC atau bisa juga pakai laptop, artikel ini dibuat setelah admin melakukan flashing samsung galaxy J2 prime milik tetangga, kronologinya pemilik J2 lupa polanya sendiri meminta admin membukanya.

Setahu admin, untuk memecahkan kasus semcam ini hanya bisa menggunakan dua cara, yakni flash ulang atau factory reset. Semula admin mencoba menggunakan factory reset, namun tidak bisa masuk, recovery mode. Aneh padahal sewaktu admin melakukan flashing samsung J5 tidak ada kendala.

Artikel ini dibuat selain sebagai bentuk catatan pribadi, memory atau pengalaman yang pernah admin alami, sekaligus berguna bagi yang lain, barang kali ada yang punya pengalaman serupa, mungkin melalui artikel ini dapat membantu.

Sebenarnya banyak sekali tutorial flash samsung galaxy J2 prime bertebaran di internet, hanya saja sedikit sekali artikel yang memang dibuat berdasarkan praktik. Berbeda dengan disini, setelah di praktikkan dan berhasil baru di buat artikel.

Nah langkah awal dalam melakukan flashing samsung J2 prime menggunakan laptop atau PC adalah pastikan kita memiliki koneksi internet yang handal, sediakan paket data kurang lebih 3GB, paket.

Cara Flash Samsung Galaxy J2 Prime Lewat PC/Laptop

IDM saat mulai download firmware Android Marshmallow 6.0.1 berukuran 1,5 GB.

Firmware Android Marshmallow 6.0.1 Download size 1.5 GB lihat gambar di atas.

Software portable Odin v 3.97 Download size 500 KB

USB Driver Samsung Download Size 15 MB ( Kalau di laptop/PC sudah terinstall USB Driver Samsung tak perlu download lagi. )

Download ke tiga file diatas.

Untuk USB Driver Samsung jika di laptop/PC belum terinstall, silahkan download, di extrak dan langsung install ya.

Extrak juga Firmware Android Marshmallow 6.0.1 dan Odin.

Matikan samsung J2 prime yang akan di flash, pastikan kondisi baterai HP nya tidak kurang dari 50%, 100% itu lebih baik, pastikan pula kabel data USB bawaan samsung belum di jual karena akan di gunakan untuk koneksi ke PC saat flashing.

Kalau semua sudah memungkinkan, bisa kita lanjut ya.

Matikan smartphone samsung J2 prime, tunggu selama kurang lebih 20 detik, lalu masuk ke mode Recovery caranya, tombol Power, tombol Volume +, Tombol HOME di tekan bareng agak lama sampai di layar muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.

  1. Volume up: Contunue
  2. Volume down: Cancel (restart phone)

Untuk memilih dua menu tersebut kita gunakan kursor melalui tombol Volume + naik dan tombol Volume – untuk turun. Kita pilih Volume up: untuk lanjut artinya tekan tombol Volume + Maka dilayar akan tampil seperti gambar dibawah ini.

Langkah selanjutnya, jalankan software Odin v 3,07 pada PC/ laptop.

Hubungkan smartphone ke PC

Setelah terhubung perhatikan gambar dibawah panah 1

ID:COM jika sudah muncul 0:[COM8] berlatar warna biru muda itu artinya smartphone terdeteksi oleh PC yang artinya proses flashing dapat dilanjut.

Masih digambar di bawah ini lihat panah 2 Klik PDA nanti akan masuk ke Windosws Explorer, kita cari Firmware Android Marshmallow 6.0.1 yang sudah di extrak, pilih yang ukurannya paling tinggi sekitar 3GB-an.

Klik file tersebut lalu Open.

Tungguh beberapa saat sampai nama file tersebut muncul di kolom PDA.

Kalau sudah muncul langsung Klik Start pada Odin flashing pun segera berjalan di tunggu saja sampai muncul tanda PASS! lepaskan kebel data smartphone dari PC/laptop nya.

Pada smartphonenya di tunggu saja sampai muncul pilih bahasa.

Jika proses telah sampai di pilih bahasa ini artinya berhasil. selamat mencoba ya.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*