Cara Bikin AC Sederhana Dari Kipas Angin, Ada Videonya

Cara Bikin AC Sederhana Dari Kipas Angin

Kabarseru.com — Cara bikin AC sederhana dari kipas angin ini tergolong cukup simple, buat kamu nih yang kebetulan tinggal diruangan bercuaca panas. Biasanya saat musim kemarau didalam rumah beton tanpa ada pepohonan disekitar rumah maka panas matahari akan langsung menerpa rumah yang menyebabkan ruang didalamnya ikut pengap dan panas, bahkan hingga malam hari suhu panasnya masih berasa tuh.

Nah, dengan sedikit kreatif nih iseng-iseng memodifikasi kipas angin menjadi AC akan membuat ruangan kamu menjadi dingin dan segar. Kipas angin yang dibutuhkan tidak harus berukuran besar. Tetapi juga tidak terlalu kecil.

Cara membuat AC dari kipas angin sederhana ini bisa kamu temui diberbagai website atau blog di internet, kalau mau lihat versi videonya kamu bisa nonton di Youtube. Tapi disini ada juga kok videonya dibawah postingan ini tentunya.

Nah kalau kamu berminat ini membuat AC sederhana dari kipas angin bisa ikuti tutorialnya berikut ini.

Cara Bikin AC Sederhana Dari Kipas Angin

Peralatan yang diperlukan.

  • 1 Unit Kipas Angin, kondisi masih berfungsi.
  • Dua botol spritte bekas. Pastikan dua botol bekas masih ada tutupnya.
  • Pisau Cutter.
  • Alat pelubang, bisa menggunakan solder, atau besi lancip, paku, ujung pisau juga boleh tuh.
  • Tali rafia.
  • Gunting.
  • ES Batu, sebagai sumber udara dingin.

Cara membuatnya.

Potong botol spritte bagian dasar botol pakai pisau cutter, motongnya jangan sampai putus, sisakan sedikit sebagai engsel agar dasar botol bisa dikatupkan dan di buka. Ini Gunanya untuk memasukkan ES batu.

Lubangi badan botol secara keliling pakai solder atau menggunakan paku ukuran 4 inci. Jarak lubang kira-kira 1cm keliling. Lubang-lubang kecil ini dimuali dari dekat potongan dasar botol sampi tengah-tengah bodi botol, jangan melubangi hingga ke leher botol ya. Lubang-lubang ini berfungsi untuk mengalirkan udara dingin dari bawah yang terdapat ES batu yang di sedot kipas.

Botol satunya lagi buat sama seperti diatas.

Setelah selesai. Gunakan tali rafia untuk mengikat satu botol ke jari-jari kipas angin sisi belakang tepi kiri. Pasang botolnya dengan posisi terbalik, bagian tutup botol ada dibawah, (Nyungsang)

Botol satunya lagi ikat juga pada tepi kanan jari-jiri kipas.

Selanjutnya ambil ES batu, pecahkan ES batu hingga jadi bongkahan kecil, kira-kira muat dimasukkan ke dalam botol. Masukkan Es batu tersebut melalui dasar botol yang tentunya berada pada sisi atas yang tadi dipotong enggak sampai putus. Isi ke dua botol dengan ES batu.

Selesai deh. Nyalakan kipas anginnya dan rasakan udara dinginnya Oke. Enggak paham dengan penjelasan diatas? Ya udah deh tonton saja tutorialnya melalui video dibawah ini. Semoga paham dan selamat mencoba deh.

Ohya kalau kamu mau bikin AC tanpa listrik, cukup pakai botol dan triplek saja bisa ikuti cara di Cara Bikin AC Sederhana Dari Botol Bekas Untuk Penyejuk Ruangan

loading...

Leave a comment

Your email address will not be published.


*