Cara Bikin AC Sederhana Dari Botol Bekas Untuk Penyejuk Ruangan

Cara Bikin AC Sederhana Dari Botol Bekas

Kabarseru.com — Cara bikin AC sederhana dari botol bekas ini tergolong sangat simple, tidak membutuhkan aliran listrik juga tidak usah keluar biaya banyak. Kita cuma perlu beberapa botol plastik bekas yang tentunya tidak sulit untuk menemukannya, biasanya botol-botol bekas banyak terdapat di kotak sampah atau tempat pembuangan.

Untuk penyejuk ruangan kebanyakan orang menggunakan kipas angin, khususnya daerah yang telah di aliri listrik dari PLN. Namun demikian tidak jarang terjadi mati lampu lama yang menyebalkan khususnya wilayah sumatera. Untuk daerah yang belum ada listriknya saat ini mungkin sudah sangat jarang. Kalaupun ada biasanya warga memakai listrik bertenaga Diesel atau ginset.

Cara bikin AC sederhana dari botol bekas ini tidak harus kita kerjakan sekarang, alasannya belum membutuhkan, meski begitu tidak ada salahnya kita mengetahui ilmunya untuk simpanan yang mungkin suatu saat kita membutuhkannya atau mungkin juga orang lain yang butuh bantuan kita, sementara bagi yang merasa ini sangat di perlukan bisa langsung di praktikkan.

Apa saja bahan yang kita perlukan untuk membuat alat penyejuk ruangan sederhana ini? Berikut penjelasannya serta cara membuatnya.

Cara Bikin AC Sederhana Dari Botol Bekas Untuk Penyejuk Ruangan

  1. Sediakan sekitar 49 botol plastik bekas minuman ukuran 1 ½ Liter. Pastikan setiap botol ada tutupnya.
  2. Triplek tebal 3mm dengan lebar kali tinggi 100 cm x 100 cm.
  3. Alat pelubang, bisa menggunakan pahat kecil lengkap dengan palu-nya.
  4. Pisau cutter atau pisau dapur syaratnya tajam, mau pakai pisau jenis apa yang penting tajam.
  5. Penggaris untuk menggaris agar lurus.
  6. Spidol untuk corat-coret.
  7. Meteran untuk mengukur dan membagi jarak.
  8. Pisang goreng + Rokok + Korek (tidak wajib)

Setelah bahan-bahan terkumpul, alat-alat tersedia, bisa langsung kita kerjakan.

Pertama-tama semua botol berjumlah 49 kita potong sisi bawahnya menggunakan pisau, potong juga bagian penutupnya lihat contoh gambar di bawah ini.

Cara Bikin AC Sederhana Dari Botol Bekas

Tutup botol juga di potong supaya bolong dan nanti akan berfungsi sebagai baut, perhatikan baik-baik gambar di atas.

Setelah semua botol di potong seperti gambar di atas, giliran mengerjakan bagian tripleknya,

Gunakan meteran, penggaris, spidol, pahat dan palu untuk membuatnya jadi seperti gambar di bawah ini.

triplek-di-bolong

PERHATIKAN luas lubang harus pas dengan mulut botol, longgar sedikit tidak masalah dan pastikan pula jarak lubang satu dengan lubang lainnya jangan sampai terlalu dekat juga jangan terlalu jauh, atur dengan kira-kira setiap botol bisa berjejer rapat.

Masukkan mulut botol ke lubang, lalu pasang tutupnya sebagai baut, agar botol tidak lepas dari triplek, lihat gambar contoh di bawah ini. Perhatikan gambar A dan B

triplek-di-bolong2

Setelah semua botol di pasang nanti jadinya seperti gambar contoh di bawah ini.

triplek-di-bolong3

Oke cara bikin AC sederhana dari botol bekas sudah rampung. Bagaimana? Cukup simple bukan? Sekarang AC dapat kita pasang di dinding ruangan. Sekedar untuk uji coba, kamu bisa pasang di jendela dulu, pastikan bagian botol berada di sisi luar ruangna.

Kalau cara di atas masih juga membuat kamu gagal paham, berikut ini ada videonya kok, kamu tinggal saksikan dengan lebih cermat.

Oke demikian cara bikin AC sederhana dari botol bekas, semoga bermanfaat, jangan lupa sebarkan tips ini biar yang lain khususnya yang belum tahu. Selamat mencoba.

loading...

Leave a comment

Your email address will not be published.


*