Bau Mulut Saat Puasa? Begini Lho Cara Mencegahnya Simak Petunjuknya Yuk

Bau Mulut Saat Puasa

Kabarseru.com — Bau mulut saat puasa memang bisa terjadi, hal ini lantaran produksi air liur dan saliva dalam mulut menurun, namanya puasa tidak makan minum disiang hari menyebabkan mulut kering dan menimbulkan bau tidak sedap.

Untuk mengatasi bau mulut saat puasa seperti ini bisa melakukan beberapa cara diantaranya menggosok gigi menjelang tidur, dan gosok gigi usai makan sahur.

Dengan rajin gosok gigi dapat mengurangi bakteri bau mulut. Selain itu kita bisa melakukan dengan berkumur menggunakan larutan penyegar. Tentunya berkumur menggunakan larutan yang tidak memiliki kandungan alkhl. ( tanda * sama dengan 0 )

Larutan yang mengandung alkhl justru akan membuat mulut kering dan timbul bau tak sedap, bau tak sedap sangat berdampak pada rasa percaya diri dan tak nyaman berbicara.

Bau Mulut Saat Puasa

Perbanyak konsumsi air putih saat buka atau makan sahur, kita musti tetap menjaga stamina tubuh meski dalam kondisi berpuasa. Tubuh kita ketika berpuasa tidak mendapat asupan makanan dan minuman disepanjang hari, sementara tubuh kita sangat membutuhkan 55% hingga 78% air.

Untuk itu minum air sehari sedikitnya 8 – 10 gelas atau kira-kira 2 liter lah, tentu minumnya saat malam hari, lakukan hal tersebut untuk menghindari dehiderasi, dengan demikian kondisi tubuh akan tetap stabil.

Bau mulut saat puasa bisa juga disebabkan makanan, misalnya makan makanan yang baunya nendang, seperti petai, jengkol, jering, kabau, (Jengkol jering sama kali?) durian dan lainnya, untuk itu jangan konsumsi buah-buahan atau lalap-lalapan yang memiliki bau menyengat, karena susah menghilangkan bau nya.

Jangan merkk baik pria maupun wanita. Tahu tidak rkk mengandung nik*tin dan tar, ini dapat merugikan kesehatan, selain itu dua zat tersebut sangat berefek pada bau mulut saat puasa.

Perbanyak konsumsi sayur serta buah yang mengandung antioksidan dan serat yang tinggi, misalnya buah apel, wortel, seledri, bengkuang, dengan mengonsumsi buah dan sayur tersebut dapat menghalau aroma bau mulut saat puasa.

Selain buah dan sayur, perbanyak juga konsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin C, makanan alami lebih baik dari makanan suplemen, selain dapat mencegah penyakit gusi juga dapat mencegah bau mulut.

Ribet ya? cuma gara-gara bau mulut saja kita musti melakukan banyak hal. Oke demikian semoga bermanfaat dan selamat menunaikan ibadah puasa ke dua esok hari semoga amal ibadah kita diterima serta tak mendapat halangan hingga tiba hari kemenangan yakni idul fitri. Mohon maaf lahir dan batin.

loading...

Leave a comment

Your email address will not be published.


*