Baca Al Quran di Smartphone atau Mushaf Mana Yang Lebih Afdol?

Baca Al Quran di Smartphone

Kabarseru.com — Baca Al quran di smartphone dengan niat tulus tentu bagus serta mendapat pahala, namun alangkah bagusnya jika membaca Al quran melalui mushaf atau Al quran bentuk kitab/buku. Membaca Al quran di smartphone memberikan kesan main-main disamping itu dapat mengurangi rasa khusu, belum lagi tiba-tiba ada panggilan atau pesan baik SMS maupun notifikasi media sosial.

Semua itu memang dapat di nonaktifkan dengan cara mengaktifkan mode terbang melalui bar notifikasi, namun kebanyakan orang tidak mengerti fungsi tersebut terutama bagi orang-orang awam, yang mengerti juga belum tentu dapat menggunakan dengan tepat.

Kalau membaca Al quran sendirian di rumah tentu tidak menimbulkan masalah panjang. Kami bahkan sering memergoki orang-orang muda, tua, ketika memenuhi undangan kenduri tahlilan membawa ponsel. Mereka tetap aktif dengan ponselnya, dimana tiba-tiba ada panggilan juga diangkat, ada SMS di baca, meskipun acara tahlilan sedang berlangsung, sangat ironis sekali ketika seluruh jamaah khusu tahlilan tiba-tiba di warnai suara musik nada dering nyaring.

Di bilang miris memang miris, kita hendaknya menggunakan ponsel sesuai dunianya. Terutama bagi orang tua yang mana apa yang menjadi kebiasannya juga akan menjadi kebiasaan putra-putrinya. Peran orang tua dalam mendidik anak hendaknya lebih baik dari apa yang selama ini menjadi gaya hidupnya.

Baca Al Quran di Smartphone atau Mushaf

Smartphone di ciptakan untuk gaya hidup lebih modern, tren dan duniawi, namun memiliki kemungkinan dapat digunakan untuk aktifitas beramal ibadah seperti membaca ayat-ayat suci keagamaan, memfungsikan alarm waktu shalat dengan notif suara azan. Khusus untuk membaca Al quran hendaknya tidak lupa memutus segala kemungkinan yang terhubung dengan jaringan.

Untuk membiasakan diri atau lebih familiar dengan Al quran, belajar membaca dan memahami ayat-ayat suci tentu smartphone cukup bagus, namun tak jarang keadaan seperti ini tersingkir karena kalah tren sama aplikasi lain. Jadilah aplikais Al quran sekedar pajangan, terlebih bagi anak-anak remaja, tak jarang smartphone mejadi ajang menimbun dosa berbayar.

Nah silahkan baca Al quran di smartphone dengan menjadikan smartphone sementara sebagai mushaf, yang artinya memutus fungsi jaringan serta berniatlah dengan tulus dan khusu.

loading...

Leave a comment

Your email address will not be published.


*