Agar Puasa Kuat dan Lancar Seharian Tanpa Batal

Agar Puasa Kuat

Kabarseru.com – Tak terasa sebentar lagi kita khusus muslim akan memasuki bulan suci, bulan penuh berkah, bulan penuh ampunan. Nah agar puasa kuat mari siapkan diri dan niat yang tulus untuk menunaikan ibadah puasa. Persiapan apa saja yang harus kita lakukan saat ini?

Berikut Kabarseru akan memberikan sedikit tips agar puasa kuat tidak terjadi halangan dalam diri kita, terutama serangan rasa lapar dan haus, sehingga puasa akan lebih lancar seharian penuh selama satu bulan.

Persiapan pertama yang harus kita lakukan adalah mulai mengurangi konsumsi makanan dan minuman, mulai memperkenalkan rasa lapar pada perut dan haus kering di tenggorokan sebelum ibadah puasa kita kerjakan, kalau biasanya makan tiga kali sehari, cobalah tunda jadwal makan hingga perut benar-benar terasa lapar.

Pada umumnya saat kita menjalani puasa di hari perdana hingga 4 sampai satu minggu berasa sangat berat, badan lesu, pikiran tidak fokus, yang ada cuma rasa waktu demikian lama berjalan, hal ini bisa terjadi akibat kebiasaan sehari-hari kita yang senantiasa kenyang, selalu berdekatan dengan makanan dan minuman, kemudian sacara tiba-tiba kita menjauh dari segala bentuk makanan dan minuman selama seharian penuh, otomatis perut kamu bertanya dan marah. Namun jika perut sudah di beri tahu lebih dulu, di perkenalkan, beradaptasi dengan rasa lapar lebih dulu insyaallah aman.

Agar Puasa Kuat dan Lancar.

Lapar yang terus melilit kita rasakan salama 7 jam sehari, ketika waktunya buka tiba, hatipun senang tiada kepalang, berbuka puasa dengan makan minum sepuasnya. Memang rasa lapar hilang namun justru badan akan bertambah lemas karena kenyang dadakan, akan tetapi biasanya kalau sudah sampai sekitar 10 hari puasa baru kita merasa enakan.

Mencari sesuatu untuk membuat kita lengah dengan rasa lapar

Salah satu cara agar puasa kuat adalah, kita sering melakukan sesuatu yang demikian asyik sehingga lupa makan, ini artinya tidak merasa lapar berlebihan meski sudah hampir seharian perut belum menerima sesuap nasi.

Artinya kita jangan berdiam diri atau duduk melamun, cari kesibukanlah mungkin jalan-jalan, atau melakukan apa yang menurut kamu menyenangkan.

Setiap orang memiliki kekuatan tubuh berbeda, ada orang yang sangat tahan dengan lapar dan haus, meski tidak makan sehari dianya santai-santai saja. Sebagaimana banyak di lontarkan mereka para perokok, tidak makan sehari tak masalah asal rokok terus ngebul.

Akan tetapi tidak sedikit orang yang sangat tidak tahan dengan rasa lapar, baru menjauh dari makanan 2 hingga 3 jam saja sudah hilang konsentrasi nah orang seperti ini yang wajib mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari.

Niat yang tulus

Landasi ibadah puasa kamu dengan niat yang tulus ikhlas, rajin-rajin mengaji mendengarkan ceramah yang membahas bab amal ibadah puasa, lakukan itu dengan sepenuh hati. Jadikan diri sebagai teman sejati yang bsia membawa kamu ke dalam kebaikan, alasannya tidak ada yang tahu baik teman dekat saudara, sahabat, apakah kamu itu puasa atau tidak kecuali kamu sendiri dan Allah tentunya.

Banyak orang pura-pura puasa ketika berada di antara teman saudara dan sahabat, ketika sedang sendiri ternyata tidak puasa. Kalau yang seperti ini rasanya tidak membawa dampak apapun karena yang pasti dalam puasanya dia selalu merasa kenyang.

Puasa Sering timbul Rasa Emosi

Pikiran jadi sensitif saat sedang menjalankan ibadah puasa, kesabaran jadi sangat terbatas bahkan sangat minim, yang ada rasa tidak nyaman, di tambah lagi dengan masalah aktifitas sehari-hari. Hal ini bisa terjadi lantaran hati yang tidak bersih, niat yang tidak sungguh-sungguh.

Orang menjalankan ibadah puasa karena malu, karena lingkungan, karena dekat mushala atau masjid, bisa saja itu terjadi dan inilah penyebab pikiran jadi sensitif. Untuk itu sebelum menjalankan ibadah puasa hendaknya persiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

Nah itulah sedikit tips dan saran agar puasa kuat dan lancar seharian penuh selama satu bulan menuju hari kemenangan, semoga amal ibadah puasa kita mendapat pahala seperti yang telah di janjikan oleh Allah amin.

loading...

Leave a comment

Your email address will not be published.


*