5 Jembatan Yang Menyimpan Kisah Mistik dan Unik

5 Jembatan Yang Menyimpan Kisah Mistik dan Unik

Kabarseru.com – Pada dasarnya jembatan di bangun karena ingin memudahkan perjalanan, bayangkan jika ada sungai tanpa ada jembatan, betapa susahnya untuk sampai kesebarang. Lebih susah lagi jika membawa kendaraan. Demikian yang berlaku di seluruh dunia.

Dimana ada sungai dekat pemukiman di situ dapat di pastikan ada jembatan, bahkan tidak hanya sungai, dimana ada jurang yang dalam dan sempit pasti di bangun orang jembatan.

Akan tetapi tahukah kamu, dari sekian banyak jumlah jembatan, beberapa di antara mereka terselip satu kisah yang mana kejadiannya sangat mengundang rasa penasaran bagi setiap orang. Kisahnya pun beragam, dari mulai yang unik, hingga sampai ke hal misteri.

Di antara misteri itu ada yang berhasil terkuak. Makin penasaran saja nih, kira-kira misteri apa sih yang ada di balik jembatan ini, sepertinya menyeramkan sekai?

Memang benar, bahkan ada salah satu jembatan yang di beri nama Jembatan terkutuk. Nah jika kamu benar-benar merasa penasaran dan ingin tahu. Baca yuk kisah berikut ini…

5 Jembatan Yang Menyimpan Kisah Mistik dan Unik

1. Jembatan Terbuat dari Tanaman Berserat

Ini adalah jembatan Q’eswachaka dengan panjang 28 meter melintang di atas sungai Apurimac, Provinsi Canas, Peru. Jembatan ini salah satu tempat saklar bagi warga setempat serta membawa dampak baik bagi suatu komunitas.

Jembatan gantung terbuat dari tali serat tanaman ini telah menyatukan banyak manusia dari berbagai komunitas berbeda yang berada di kawasan itu. Tanpa adanya jembatan itu mereka tidak akan mengenal satu sama lain.

Meski berbahan tali dari tanaman, jembatan ini tidak pernah rusak atau putus lantaran setiap tahunnya selalu di adakan ritual khusus oleh masyarakat setempat. Mereka berkumpul selama tiga hari membuat tali serat untuk memperbarui kekuatan jembatan. Teknik yang mereka gunakan dalam membangun jembatan sudah di berikan oleh leluhur Quehue secara turun temurun yang nantinya menjadi jembatan Q’eswachaka.

Ritual khusus dalam melestarikan jembatan tersebut telah berlangsung selama 600 tahun sebagai bentuk penghormatan bagi para leluhur.

Jembatan Q’eswachaka ini masuk dalam daftar warisan dunia sebagaimana telah di umumkan secara resmi oleh United Nations Educational Scientific Cultural Organization (UNESCO)

Jembatan Yang Menyimpan Kisah Mistik

Jembatan Q’eswachaka yang membentang di atas aliran sungai Apurimac, provinsi Canas, Peru. (Sumber: Peruvian History)

loading...

Leave a comment

Your email address will not be published.


*