5 Cara Agar Kuota Internet di Android Bisa Irit

Cara Agar Kuota Internet di Android Bisa Irit

Kabarseru.com – Memiliki samrtphone android sudah dapat di pastikan pengguna bakal doyan browsing mengakses Facebook, Twitter, Google, Play Store, YouTube atau main Game Online dan masih banyak lagi situs-situs yang bisa di akses untuk mencari informasi sesuei yang di perlukan.

Namun semua aktifitas tersebut kita harus sudah memiliki data Quota yang cukup besar, dengan Quota internet besar bakal makin nyantai browsing ke sana kemari tanpa ragu akan kehabisan Quota, namun sebesar apa Qoata untuk terus melakukan browsing apalagi melakukan streaming, Download, main Game Online di android Quota tetap saja cepat habis terkuras.

Kalau memiliki anggaran besar untuk biaya data internet sih tidak masalah, bagaimana jika tidak? Di kalangan menengah ke bawah tradisi hemat dalam konsumsi data internet merupakan wajib. Nah berikut ini..

5 Cara Agar Kuota Internet di Android Bisa Irit

1. Manfaatkan Fitur Hemat Data Bawaan Browser

Menggunakan Google Chrome di smartphone saat browsing bisa mengatur hemat data. Caranya adalah buka aplikasi Google Chrome lalu masuk ke pengaturan dengan menyentuh tiga titik pada sudut kanan atas layar, lalu Klik Setelan.

Di laman Setelan kita gulir terus ke bawah sampai menemukan menu Penghematan Data.

Klik Penghematan data jika statusnya Nonaktif sentuh saja sakelar bulat warna abu-abu, jika sakelarnya sudah menyala warna biru berarti fitur Penghematan Data sudah bekerja.

2. Mengatur data yang disinkronisasi

Jangan banyak mengaktifkan sinkronisasi ke akun Google, meski tidak begitu banyak menyedot data, setidaknya dengan mensinkronkan yang perlu saja bisa menghemat beterai juga.

Menggunakan smartphone sudah mutlak ada akun Google, (maksa) untuk bisa melakukan sinkronisasi data yang ada di smartphone dengan data yang ada di akun, contoh salah satunya adalah Kontak.

Untuk mengatur atau mematikan sinkronisasi ini kamu bisa masuk ke Pengaturan pada smartphone, gulir ke bawah untuk menemukan menu Pribadi biasanya berisikan ikon BBM, Email, Google, klik saja Google kemudian klik alamat Emal yang biasa bertuliskan nama@gamil.com di sini kamu bisa mengatur sinkronisasi yang di perlukan saja.

3. Aplikasi Facebook

Jika di smartphone kamu ada aplikasi Facebook, atau Messenger Facebook tentu kamu bisa main Facebook dengan lebih mudah bahkan tanpa membuka aplikasinyapun kamu bakal menerima konfirmasi dari aplikasi sehingga kamu tahu ada event baru di akun facebook kamu.

Namun di sisi lain Quota kamu yang jadi sasaran empuk bagi aplikasi ini, jika tidak merasa aktif di facebook, atau main facebook jarang-jarang mending buang saja itu aplikasi, kamu juga jangan banyak menginstall aneka aplikasi versi gratisan, karena hampir semua aplikasi ini terkonek internet dengan sendirinya.

Jika ingin membuka facebook atau browsing kamu bisa menggunakan Google Chrome saja, untuk bisa melakukan komunikasi secara terus-terusan tidak perlu banyak memiliki aplikasi cahtting, seperti WapsApp, LINE, Messenger dan lainnya kalau sudah ada BBM ya pakai BBM saja.

Jangan mudah tergiur dengan aneka tawaran yang bersifat mengeluarkan data, hanya akan menghasilkan hal yang bersifat mubazir.

4. Batasi Penggunaan Data yang Berjalan di Belakang Layar

Android tidak sama dengan ponsel OS tempo dulu misalnya java atau symbian, di katakan cerdas, atau ponsel pintar ya android ini, salah satunya pintar menghabiskan data. Kalau fungsinya tidak begitu signifikan dengan ponsel jadul tempo dulu yang sudah support wab, bisa SMS, MMS, nelpon, browsing, kirim email, chatting, game, dan masih banyak lagi, bedanya ponsel jadul tidak ada fitur Wi-fi dan kwalitas grafik serta gaya penampilannya.

Karena memang sudah zamannya android ya mau tidak mau kita musti ikutan. Di dalam smartphone ada beberapa aplikasi yang meski tidak di jalankan tetap saja terhubung ke internet, ini yang di namakan berjalan di belakang layar yang tidak jarang membuat kita heran tidak merasa main internet Quota tersedot terus, ini masih mending bagaimana jika pulsa yang kian habis tanpa kita sadari, kejadian semacam ini banyak yang mengalami di karenakan ketidaktahuan, maklum smartphone baru.

Kamu bisa menentukan pilihan fitur seperti update otomatis hanya saat terkonek jaringan Wi-fi saja, dengan cara ini Quota kamu bakal irit.

Untuk mengaktifkan ini kamu bisa mesuk ke Pengaturan, lalu Klik Penggunaan Data, Klik tiga titik pada sudut kanan atas layar. Beri cek pada Batasi data latar belakang. klik OK.

5. Pikirkan Quota Sebelum Nonton Video Online

Streaming memang menyenankan, bisa lihat banyak video, namun hendaknya jangan amat sering melakukan ini pasalnya Quota akan cepat ludes terkuras, kecuali sedang terkoneksi ke layanan Wi-fi.

Kalau kamu ingin tetap bisa streaming setiap saat, tentu bisa menggunakan aplikasi yang sudah support penghematan data, namun nonton video dengan data kecil tentu videonya akan tampak agak blur. Kalau ingin yang kinclong ya musti berani Quotanya.

Namun kalau sekedar mendengarkan musik sih tidak ada perbuahan data mencolok.

loading...

Leave a comment

Your email address will not be published.


*