10 Batu Akik Termahal Didunia

Batu Akik Termahal Didunia

Kabarseru.comBatu akik termahal didunia saat ini sedang hit dikalangan para memburu dan pengoleksi, tentu mereka sudah sangat faham mana batu akik yang bagus dan langka, asli atau palsu, berapa nilai harga jualnya.

Sementara bagi yang tidak memiliki hobi batu akik, mereka hanya bisa gelang-gelang kepala melihat para penggemar dan pemburu batu akik langka, pasalnya tak jarang batu akik yang ukurannya mungil itu memiliki nilai jual mencapai milyaran rupiah.

Di sisi lain batu akik di percaya memiliki karisma tersendiri, bahkan pada masa era tahun 90-an batu akik tak jarang di jadikan sebagai jimat untuk melawan bila ada musuh, mungkin bahkan hingga sekarang.

Nah berikut ini 10 Batu akik termahal didunia yang di nilai paling langka sejagad raya seperti di lansir dari Okezone 28 Juni 2015. Mau tahu batu akik apa saja? simak di bawa ini.

1. Batu akik termahal didunia Jeremejevite, Rp26 juta per karat

Salah satu batu akik termahal didunia ini memiliki warga transparan, biru langit, juga kuning pucat, batu akik tersebut diberi nama Jeremejevite. Pertama kali di temukan pada tahun 1883 oleh Pavel Jeremejev di Rusia.

Batu akik Jeremejevite memiliki kualitas terbaik berasal dari Namibia, pada 2005, satu batu akik Jeremejevite 2,93 karat dijual seharga USD2.000 atau sekira Rp26 juta.

2. Opal Hitam, Rp31 juta per karat

Batu akik opal hitam, atau opal warna abu-abu tua memperlihatkan permainan warna yang cantik dan unik. Batu opal dibanderol USD2.355 atau sekira Rp31 juta per karat.

Batu opal sendiri berasal dari Australia, sekaligus pemasok opal terbaik di dunia, Australia memang memiliki tambang opal terbesar di seluruh dunia hingga mencapai 95 persen.

Sedangkan 5 persen terdapat di Meksiko, yakni wilayah Brasil bagian utara, negara bagian Idaho dan Nevada di Amerika Serikat (AS), serta Malin.

3. Emerald Red Beryl, Rp133 juta per karat

Batu akik dari bahan Batu emerald red beryl merupakan salah satu batu akik terlangka didunia, emerald red beryl sendiri ditemukan di Thomas Range atau Pegunungan Wah Wah di Utah, AS.

Selain itu, batu akik langka tersebut dilaporkan ditemukan di Meksiko. Batu akik ini bernilai USD10 ribu atau berkisar Rp 133 juta, luar biasa bukan?

4. Musgravite, Rp466 juta per karat

Batu akik termahal didunia ini namanya Musgravite yang juga masuk daftar batu akik paling terlangka di dunia, batu akik tersebut kali pertama di temukan didaerah Musgrave, Australia, Namun baru-baru ini batu akik jenis ini juga ditemukan di Greenland dan Madagaskar, hanya saja kedua negara tersebut tidak menghasilkan musgravite berkualitas.

5. Grandidierite, Rp666 juta per karat

Batu akik urutan ke lima ini namanya Grandidierite memiliki warna hijau kebiru-biruan, batu akik model ini hanya ditemukan di Madagaskar.

Nama Grandidierite itu sendiri berasal dari petualang sekaligus sejarawan alam asal Prancis, Alfred Grandidier. Batu akik ini ditemukan saat Grandidier sedang menggali burung gajah yang telah punah di Ambolisatra, Madagaskar.

6. Painite, Rp666-Rp799 juta per karat

Semula batu akik bernama Painite ini di klaim paling langka didunia, batu ini kali pertama ditemukan di Myanmar oleh Minearologis asal Inggris. Ketika dinyatakan sebagai spesies mineral baru, batu akik ini kemudian dinamai sesuai penemunya, Arthur CD Pain.

Sejak itu, bertahun-tahun lamanya, hanya tiga kristal painite kecil yang ada di dunia. Sebelum 2005, kurang dari batu kristal ini yang ditemukan. Diduga batu jenis ini masih banyak terdapat di bawah tanah Myanmar.

7. Garnet Biru, Rp19 miliar per karat

Kalau batu akik ini dikenal memiliki banyak ragam warna, namanya Garnet, warnanya bisa merah, oranye, kuning, hijau, biru, ungu, coklat, hitam, merah muda, dan tidak berwarna, setiap warna memiliki nilai sendiri, dan yang paling bernilai yang biru.

Kali pertama batu Garnet ditemukan di Bekily, Madagaskar, pada tahun 1990. Selanjutnya batu ini ditemukan di AS, Rusia, dan Turki. Batu tersebut berubah warna dari biru-hijau di siang hari menjadi ungu di bawah lampu pijar karena kadar vanadium tinggi.

Harga garnet biru 4,2 karat termahal dijual pada 2003 dengan harga USD6,8 juta atau sekira Rp90 miliar.

8. Serendibite, Rp23-26 miliar per karat

Nah di lihat dari nilai jual saja, batu akik berwarna biru cyan serendibite ini jelas, batu akik paling langka berasal dari Sri Lanka.

Batu ini memamerkan formula kompleks cukup unik, mengandung unsur kalsium, magnesium, aluminium, silikon, boron, dan oksigen.

Sejauh ini hanya ada tiga batu faset 0,35 karat, 0,55 karat, dan 056 karat. Dua batu yang ditemukan pertama kali oleh spesialis batu langka DP Gunasekera dan dibeli oleh pria asal Swiss bernama EJ Gubelin.

9. Permata Merah, Rp26-33 miliar per karat

Sangat sedikit permata merah pernah ditemukan, dan hanya sedikit orang yang pernah melihat satu batu permata merah yang telah diasah.

Batu berharga dan amat langka ini dideskripsikan berwarna merah keungu-unguan jadi tidak berwarna merah murni, merah crimson, vermilion, atau scarlet.

10. Jadeite, lebih dari Rp39 miliar per karat

Dan batu akik yang terakhir ini namanya Jadeite, beberapa tahun terakhir, jadeite menjadi mineral misterius tapi orang-orang telah mengetahui sumber utamanya di Guatemala.

Bebatuan yang mengandung jadeite berukuran kecil pernah terlihat di San Beito, California. Seluruh jadeite asal Meksiko ada dalam artefak kuno yang tidak diketahu asal-usulnya.

Harga jadeite memecahkan rekor pada November 1997. Penjualan kalung dengan 27 jadeite ukuran 0,5 milimeter terjual dengan harga USD9,3 juta atau sekira Rp123 miliar.

Nah itulah 10 Batu akik termahal didunia dan terlangka didunia, apakah kamu memiliki batu akik langka?

loading...

Leave a comment

Your email address will not be published.


*